11 April 2014 Kuliah Pakar Perkuat Kualitas Calon Doktor

11 April 2014 Kuliah Pakar Perkuat Kualitas Calon Doktor

SEMARANG - Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Unissula memperkuat kualitas kandidat doktor yang akan dihasilkan dari tempat itu. Salah satunya memperbanyak kuliah pakar untuk menggembleng para promovendus. Hal itu dikemukakan Ketua PDIH Prof Dr Gunarto SH SE Akt MHum, Kamis (10/4).

''Kuliah pakar dengan mendatangkan ahli akan memberikan pencerahan maupun tambahan pengetahuan kepada mahasiswa S-3. Ini penting terkait penyusunan disertasi yang berkualitas,'' katanya, kemarin.

Gunarto menjelaskan, perkuliahan S-3 berbeda dari S-2 dan S-1. Mahasiswa program doktor dituntut menemukan kebaharuan sebagai sumbang saran untuk ilmu pengetahuan. Pengelola memperkuat visi-misi mahasiswa dalam menyusun disertasi dengan mendatangkan banyak ahli, antara lain, Prof Dr Marwan Effendi, Prof Dr Arief Hidayat, Prof Dr Sri Redjeki Hartono SH, Prof Esmi Warrasih SH, dan Dr Eko Soponyono.

Guru Besar Undip Prof Dr Arief Hidayat SH yang juga hakim Mahkamah Konstitusi, menyampaikan diskursus mengenai konsepsi negara hukum Pancasila yang telah lama menjadi perdebatan. Semua umumnya sepakat dengan konsepsi negara hukum di Indonesia berbeda dengan negara hukum yang banyak dianut negara lain.

''Sistem hukum di dunia terbagi dalam beberapa macam model. Namun, yang terbesar dan paling banyak dipakai adalah sistem Hukum Civil Law (Eropa Kontinental) dan Common Law (Anglo Saxon). Namun, sebenarnya masih terdapat sistem lain seperti hukum adat, agama, atau di Indonesia terdapat Hukum Pancasila,'' kata Arief.

 
You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.